Kamis, 29 Juli 2010

“Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Karyawan Pada PT. SRIWIJAYA AIR .

NAMA : NATANAEL Hasudungan
NIM : (224107140)




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dalam rangka mencapai tujuan perusahaan, maka sumber daya manusia memegang peranan yang sangat dominan dalam aktivitas atau kegiatan perusahaan, berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya sangat tergantung pada kemampuan sumber daya manusianya (karyawan) dalam menjalankan tugas-tugasnya yang diberikan kepadanya, oleh karena itu setiap perusahaan perlu memikirkan bagaimana cara yang dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusianya agar dapat mendorong kemajuan bagi perusahaan dan bagaimana caranya agar karyawan tersebut memiliki produktivitas yang tinggi tentunya pimpinan perusahaan perlu memotivasi karyawannya.

Promosi merupakan kesempatan untuk berkembang dan maju yang dapat mendorong karyawan untuk lebih baik dan lebih bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan.

Dengan adanya target promosi, pasti karyawan akan merasa dihargai, diperhatikan, dibutuhkan dan diakui kemampuan kerjanya oleh manajemen perusahaan sehinggi mereka akan menghasilkan keluaran (output) yang tinggi serta akan mempertinggi loyalitas (kesetiaan) pada perusahaan, oleh karena itu, pimpinan harus menyadari pentingnya promosi dalam meningkatkan produktivitas yang harus dipertimbangkan secara objektif, jika pemimpin telah menyadari dan mempertimbangkan maka perusahaan akan terhindar dari masalah-masalah yang menghambat, seperti : ketidakpuasan karyawan, adanya keluhan, tidak adanya semangat kerja, menurunnya disiplin kerja, tingkat absensi yang tinggi atau bahkan masalah-masalah pemogokan kerja.

Untuk dapat memutuskan imbalan yang sepenuhnya diberikan kepada karyawan atas hasil kerjanya, maka perusahaan harus memiliki sesuatu system balas jasa yang tepat. Mekanisme untuk dapat menentukan balas jasa yang pantas bagi suatu prestasi kerja adalah dengan penilaian prestasi kerja.

Penilaian prestasi kerja merupakan nilai rasio hasil kerja nyata dengan standar kualitas maupun kuantitas yang dihasilkan setiap karyawan, menetapkan kebijaksanaan berarti apakah karyawan akan dipromosikan, didemosikan dan dibalas jasa yang dinaikkan.

Melalui penilaian prestasi kerja akan diketahui seberapa baik ia telah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya, sehingga perusahaan dapat menetapakan balas jasa yang sepantasnya atas prestasi kerja tersebut.

Penilaian prestasi kerja juga dapat digunakan untuk mengetahui kekurangan dan potensi seorang karyawan, dari hasil tersebut perusahaan akan mempunyai data yang lengkap mengenai prestasi karyawannya dan dapat mengembangkan suatu perencanaan sumber daya manusia secara menyeluruh dalam menghadapi masa depan perusahaan, perencanaan sumber daya manusia secara menyeluruh tersebut berupa jalur-jalur karir atau promosi-promosi jabatan para karyawannya.

Prinsip-prinsip dasar pengelolaan sumber daya manusia dijadikan pedoman bagi seluruh pimpinan dalam melaksanakan supervise terhadap masing-masing karyawan yang berada dibawah tnaggung jawabnya, dengan tujuan agar setiap karyawan dapat menerima nilai-nilai perusahaan sebagai nilai pribadi masing-masing.
Setiap karyawan diberikan kesempatan yang sama untuk berkembang dan mencapai prestasi setinggi-tingginya serta menunjukan potensi yang dimilikinya melalui kompentisi yang sehat namun tetap memegang teguh rasa kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan.

Berdasarkan uraian diatas tersebut penulis terdorong untuk mengadakan penelitian mengenai pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap promosi karyawan didalam suatu prusahaan, oleh karena itu, penulis memilih judul :

1.2. Perumusan Masalah
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jika karyawan merasa tidak puas terhadap penilaian prestasi kerja maka dapat menurunkan semangat kerja, sehubungan dengan hal itu penulis ingin melakukan penelitian terhadap pengaruh penilaian prestasi kerja karyawan Pada PT. SRIWIJAYA AIR, adapun maksud dari penurunan masalah adalah sebagai berikut :

1.Bagaimana metode penilaian prestasi kerja yang ditetapkan Pada PT. SRIWIJAYA AIR ?
2.Bagaimana pengaruh dari penilaian prestasi kerja terhadap promosi karyawan Pada PT. SRIWIJAYA AIR?
3.apakah ada hubungan antara keduanya?

1.3. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Adapun tujuan yang diinginkan dalam mencapai penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat-manfaat dalam pelaksanakan penilaian prestasi kerja oleh PT. SRIWIJAYA AIR terhadap promosi karyawannya

1.3.1. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui bagaimana metode penilaian prestasi kerja yang ditetapkan oleh PT. SRIWIJAYA AIR .
2. Untuk mengetahui pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap promosi karyawan Pada PT. SRWIJAYA AIR.

1.3.2. Kegunaan Penelitian :
Sedangkan kegunaan dari penelitian adalah :

1.Bagi perusahaan, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat dalam melaksanakan penilaian prstasi kerja karyawan.
2.Bagi penulis, dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah serta menambah pengetahuan dalam manajemen sumber daya manusia khususnya tentang penilaian prestasi kerja karyawan.




DAFTAR PUSTAKA

-Armstrong, M, Manajemen Sumber Daya Manusia, Media Kompetindo, Jakarta, 1994.

-As’ad, M, Psikologi Industri : Seri Sumber Daya Manusia, Liberty, Yogyakarta, 2003.

-
-Handoko, T, Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta, 2001.

-Hasibuan, Malayu, S.P, Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi Aksara, Jakarta, 2000.

-Hasibuan, Melayu, S.P, Op. Cit.

-Martoyo, S, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta, 2000.

-Martoyo, Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta, 1994.

-Nasution, Mulia, Manajemen Personalia, Djambatan, Jakarta, 1994.

-Nawawi, Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Prenhalindo, Jakarta, 1998.

-Sydam, Gozali, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid Pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta, 1996.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar