Kamis, 29 Juli 2010

Analisis Kinerja Kargo Domestik Pada Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta Tahun 2009

TUGAS MANDIRI SP MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
PROPOSAL SKRIPSI

OLEH:
NAMA : AHMAD ZAKIY
NIM : 224106041

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
2010





BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Dengan meningkatnya perekonomian Indonesia pada saat ini, telah mempengaruhi tingkat pengiriman dan penerimaan barang untuk kepentingan masyarakat luas. Intensitas pengiriman barang pada saat ini mengalami pertumbuhan atau kenaikan. Dewasa ini, untuk memenuhi kebutuhan atau kepentingan masyarakat luas dalam pengiriman atau penerimaan barang, banyak perusahaan penerbangan domestik maupun internasional yang mempercayakan pekerjaan operasional pengiriman dan penerimaan barang tersebut kepada pihak yang lebih ahli dan bisa dipercaya, yaitu kepada pihak operasional ground handling. Banyak perusahaan yang mensubkontrakkan pekerjaan operasional ground handling-nya kepada perusahaan penyedia jasa ground handling. Hal ini dapat dipahami mengingat pentingnya perusahaan untuk melakukan strategi efisiensi di satu pihak dan kemampuan yang sangat memadai dari perusahaan penyedia jasa ground handling di pihak lainnya.

Kenyataan ini semakin mendorong tumbuh kembangnya perusahaan ground handling di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan kualitas layanan di satu sisi dan memperluas pasarnya di sisi lainnya. Indonesia memiliki fasilitas yang cukup bagus untuk penanganan pengiriman dan penerimaan barang, salah satunya adalah Bandar Udara Soekarno-Hatta yang terletak di Cengkareng Jakarta Barat. Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu tempat yang memegang peranan sangat strategis dalam lalu lintas jasa angkutan kargo lewat udara di Jakarta.
Dengan Bandar Udara Soekarno-Hatta yang dimilikinya yang merupakan Bandara terbesar di Jakarta, PT Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan yang dipercaya untuk menangani operasional ground handling di Bandara Soekarno-Hatta tersebut, dengan demikian para karyawan PT. Gapura Angkasa pun wajib memiliki kinerja yang baik dan benar. Cepat, teliti, dan tepat merupakan kemampuan yang harus dimiliki karyawan kargo dalam menangani barang-barang yang akan dikirim atau barang-barang yang datang ke warehouse PT. Gapura Angkasa. Dengan rata-rata pengiriman dan penerimaan termasuk barang transit per-hari minimal sebesar 1 ton melalui jasa angkutan kargo udara yang dilakukan oleh sekitar 16 agen atau Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) yang berskala besar yang ada di Cengkareng.

Oleh karena itu para karyawan diharuskan memiliki kesiagaan persiapan dalam menangani barang-barang pengiriman dan penerimaan tersebut agar tidak terjadi penumpukan barang di warehouse yang bisa menyita waktu dalam proses kerja para karyawan kargo. Kelambatan para karyawan dapat menurunkan banyaknya konsumen pengguna jasa perusahaan kargo tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih dalam lagi untuk mengungkap dalam skripsi ini dengan judul Analisis Kinerja Kargo Domestik Pada Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta Tahun 2009.





B.Perumusan Masalah

1.Identifikasi Masalah

a. Belum optimalnya para karyawan kargo domestik pada unit outgoing cabang pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta dalam menangani pengiriman barang atau kargo.

b. Belum optimalnya jumlah kargo domestik pada unit outgoing cabang pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta yang akan dikirim dari warehouse ke tujuan masing-masing.

c. Belum efektifnya karyawan dalam mengelola kargo domestik pada unit outgoing cabang pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta berdasarkan urutan atau flowchart para pekerja, yang bermula dari Acceptent, Docpross, Build-Up, sampai kargo atau barang di tarik staging area.

d. Adanya ketidakseimbangan antara banyaknya karyawan kargo domestik pada unit outgoing cabang pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta dengan jumlah kargo-kargo yang akan dikirim.

e. Fasilitas dan alat pendukung yang kurang memadai.

f. Pemberian motifasi yang masih kurang dari manajemen terkait dengan kinerja karyawan.

2. Pembatasan Masalah
Agar pembahasan ini tidak jauh dan luas, maka perlu dibatasi permasalahan didalam penulisan ini. Adapun pembatasan masalah hanya pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Kargo Domestik Pada Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta tahun 2009.

3. Pokok Masalah
Dalam rangka untuk meningkatkan profit dan kepuasan konsumen pengiriman barang, maka sistem kinerja para karyawan PT. Gapura Angkasa harus ditingkatkan dalam melayani para konsumen atau shippers dalam proses pengiriman barang maupun penerimaan barang. Dengan adanya analisis ini maka akan timbul beberapa pertanyaan, antara lain :

a. Bagaimana kegiatan Kinerja Kargo Domestik Pada Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa dalam Pengiriman Kargo Domestik ?

b. Bagaimana Kinerja Kargo Domestik Pada Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa ?

c. Apa Akar permasalahan utama Kinerja Kargo Domestik Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa khususnya pada unit outgoing serta tindak lanjut/solusi terhadap akar permasalahan ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

a.Untuk mengetahui Kegiatan unit outoing pada Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa dalam Pengiriman Kargo Domestik.

b.Untuk mengetahui Kinerja Kargo Domestik Unit Outgoing Cabang Pergudanagn PT. Gapura Angkasa.

c.Untuk mengetahui akar permasalahan utama serta tindak lanjut/solusi terhadap akar permasalahan pada Kinerja Kargo Domestik Unit Outgoing Cabang Pergudangan PT. Gapura Angkasa.

2. Manfaat Penelitian

a. Bagi penulis
Manfaat penelitian bagi penulis adalah untuk mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan sebagai upaya untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan.

b. Bagi Perusahaan
Diharapkan kiranya untuk menjadi bahan masukan serta bahan pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan dan langkah-langkah kebijakan, agar perusahaan dapat melihat secara obyektif kondisi dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan, sehingga perusahaan dapat meraih keunggulan.

c. Bagi masyarakat
Manfaat penelitian bagi masyarakat adalah untuk memberikan masukan pengetahuan kepada masyarakat tentang keadaan kegiatan operasional warehouse PT. Gapura Angkasa Bandara Soekarno-Hatta.

d. Bagi Lembaga
Sebagai informasi dan pengetahuan tambahan mengenai penambahan frekuensi arus kargo untuk mencapai keunggulan bersaing dan menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumennya dan sekaligus sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT TRISAKTI.

D. Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang dipergunakan oleh penulis dalam mengumpulkan dan menganalisis permasalahan antara lain menggunakan :

1. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode yang sistematis dan standar untuk memperoleh pengumpulan data primer dan data sekundar serta informasi yang akurat sebagai bahan dalam penyusunan skripsi. Metode pengumpulan data meliputi :

a. Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati secara langsung obyek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih. Untuk dapat memperoleh data ini, yaitu melalui :

1) Wawancara
Merupakan pengumpulan data dalam bentuk tanya jawab langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mampu memberikan penjelasan langsung maupun keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

2) Observasi
Yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai di tempat obyek penalitian serta data yang diberikan oleh perusahaan.

3) Angket
Yaitu dalam bentuk kuesioner dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu secara tertulis agar mendapatkan jawaban yang tepat.

b. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Untuk melengkapi data kepustakaan ini, penulis melengkapinya dengan memperoleh informasi berdasarkan sumber dari buku-buku, majalah-majalah, literatur-literatur, tulisan-tulisan yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Data yang dihasilkan dari riset kepustakaan ini merupakan data sekunder yang bersifat ilmiah dan teoiritis yang digunakan sebagai landasan teori untuk data primer.

2. Metode Analisis Data
Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis fishbone theory. Diagram sebab akibat atau fishbone diagram yaitu suatu diagram yang menunjukan hubungan antara sebab akibat, menurut Vincet Gasperz (2006 : 107).
Diagram tulang ikan terdiri dari permasalahan utama dan penyebab utama. Jadi, penyebab utama dihubungkan dengan permasalahan utama melalui cabang utama. Tiap cabang utama memiliki cabang-cabang penyebab yang lebih kecil di mana tiap cabang memiliki hubungan penyebab utama dan memiliki rangkaian penyebab yang lebih spesifik.


Gambar 1.1
DIAGRAM SEBAB-AKIBAT

Sumber : Vincent Gaspersz, (2006 :107).

E. Hipotesis
Diduga ada kemajuan dan kemunduran pada sistem kinerja para karyawan kargo domestik pada unit outgoing PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta tahun 2009 selama menangani pengiriman barang-barang kargo.

F. Sistematika Penulisan
Didalam materi skripsi yang akan dibahas nanti terdapat lima bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :


BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan bab pendahuluan yang menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan uraian teori-teori yang berhubungan dengan judul dari materi skripsi, yaitu MSDM, kinerja, kargo, analisis teori sebab-akibat.

BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA
Di dalam bab ini penulis akan menguraikan secara singkat sejarah perkembangan perusahaan PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Soekarno-Hatta, berikut struktur organisasinya, visi dan misi perusahaan, tujuan perusahaan serta kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang uraian pembahasan dari masalah yang ada mengenai hubungan kinerja dengan kepuasan perusahaan dan konsumuen, serta analisis data dan pembahasannya. Berdasarkan pada rumus-rumus yang relevan pada Bab I dan Bab II.

BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan terakhir, yaitu kesimpulan dari Bab IV serta penyampaian saran-saran oleh Penulis kepada PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng yang akan bermanfaat.



DAFTAR PUSTAKA

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2006.

Eko Probo D. Warpani ; Suharto Abdul Majid ; Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan, Rajawali Press, STMT Trisakti, Jakarta 2009.

Gasper, Vincent ; “Balance Scorecard Dengan Six Sigma”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.

Gomez, Faustino Cardaso ; Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta, 2009.

Hasibuan, Malayu ; Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2003.

Manullang, M ; Dasar-dasar Manajemen, Gajah Mada Universitas, Yogyakarta, 2005.

Mathis, Robert L ; Manajemen Sumbar Daya Manusia Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Moh Pabundu Tika ; Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Bumi Aksara, 2006.

Panggabean, Mutiara S ; Manajemen Sumbar Daya Manusia, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakatra, 2002.

Soekidjo, Notoatmodjo ; Pengembangan Sumber Daya Manusia, Reineka Cipta, Jakarta, 2000.

T. Hani Handoko ; Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 1993.

International Air Transport Rules, IATA TACT Rules, Jakarta, 2003.

Standard Operating Procedure, Outgoing, PT. Gapura Angkasa, 2009.

2 komentar:

  1. Boleh minta lengkap nya ga ? Saya buat referensi skripsi :D

    BalasHapus
  2. Boleh minta lengkap nya ga ? Saya buat referensi skripsi :D

    BalasHapus