Kamis, 29 Juli 2010

“ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PAKET DAN DOKUMEN PADA PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN JAKA

TUGAS MANDIRI SEMESTER PENDEK (SP)
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

“ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PAKET DAN DOKUMEN
PADA PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN JAKARTA TAHUN 2010”








Disusun Oleh :

Nama : FEBRIAN HARRY WIBOWO
Nim : 2241 06 065









SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
2010


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam kelangsungnya proses produksi dibutuhkan faktor-faktor produksi, salah satu dari faktor-faktor produksi tersebut adalah tenaga kerja (karyawan), apabila faktor produksi tersebut tdak ada maka kelangsungan proses produksi tidak akan dapat dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pihak karyawan itu merupakan faktor produksi utama, merekalah uang merencanakan dan melaksanakan aktivitas produksi dalam mencapai tujuan perusahaan
Supaya lebih memudahkan dalam pencapaian tujuan perusahaan, maka pihak karyawan harus berminat, bergairah dan menguasai tugas pekerjaannya, untuk menguasai tugas pekerjaan, maka harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan atas bidang pekerjaan. Wawasan dan keterampilan itu dapat diperoleh melalui pelatihan, yang bertujuan untuk mengembangkan pola pikir dan meningkatkan keterampilan.
Berhasil atau tidak usah membangun loyalitas perusahaan tergantung dari kinerja karyawan untuk membuat suatu perubahan demi kemajuan perusahaan tersebut. Kinerja karyawan bukanlah timbul begitu saja, tetapi merupalan serangkaian usaha sebagai proses, diantara bersumber dari kegaiatan pemimpin. Hal ini pada hakekatnya merupakan salah satu faktor yang mendukung minat dan penguasaan pekerjaan yang ditugaskan, dan dapat mendorong karyawan untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga dapat mendukung meningkatnya kinerja sebagaimana mestinya

Konsumen akan merasa lebih yakin terhadap perusahaan tersebut setelah mereka menjalani proses penanganan karyawan yang profesional. PT. Antareja Prima Antaran merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang domestik yang merupakan anak perusahaan dari PT. Repex Wahana yang berkantor pusat di JL. Ciputat Raya No. 99, Pondok Pinang Jakarta. Dalam kegiatan operasionalnya di berbagai kota di Indonesia yang hampir 10 tahun, persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan pengiriman adalah kemampuan bersaing dalam menguasai pangsa pasar dan peningkatan kinerja karyawan agar loyalitas perusahaan dalam persaingan semakin kuat, karena disadari oleh pihak manajemen PT. Antareja Prima Antaran maupun oleh setiap perusahaan dalam industri perdagangan jasa, bahwa kinerja karyawan adalah suatu syarat mutlak yang harus dicapai oleh setiap perusahaan dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan khusunya pada bagian paket dan dokumen.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka pengembangan karyawan melalui pendidikan dan pelatihan memegang peranan penting, terlebih lagi untuk meningkatkan produktivitas kerja bagi setiap karyawan. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk memilih judul : “ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PAKET DAN DOKUMEN PADA PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN JAKARTA TAHUN 2010”.

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah, sumber daya manusialah yang menjadi faktor utama penggerak dan untuk mempertahankan keberadaan perusahaan.
Adapun identifikasi masalahnya :
a. Pendidikan dan pelatihan perusahaan yang masih terbatas
b. Pengembangan karir terhadap karyawan yang berprestasi belum optimal.
c. Hubungan antara pelatihan dan pendidikan dengan prestasi kerja belum maksimal
d. Penyediaan fasilitas kerja karyawan kurang optimal
e. Kebijakan penggajian karyawan belum maksimal
f. Pemberian kesejahteraan karyawan kurang maksimal

2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas maka per-masalahan yang akan dibahas dibatasi pada masalah hubungan antara pendidikan dan pelatihan dengan prestasi kerja karyawan bidang paket dan dokumen pada PT. Antareja Prima Antaran Jakarta Tahun 2010.

3. Pokok Permasalahan
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka Penulis dapat menarik beberapa pokok permasalahan diantaranya yaitu:

a. Bagaimana pelaksanaan pendidikan dan pelatihan karyawan di Bagian Paket dan Dokumen pada PT. Antareja Prima Antaran Jakarta ?

b. Bagaimana prestasi kerja karyawan di Bagian Paket dan Dokumen pada PT. Antareja Prima Antaran Jakarta ?

c. Apakah terdapat hubungan antara pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan di Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian
Dalam hal ini tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah :

a. Untuk mengetahui pendidikan dan pelatihan kerja Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

b. Untuk mengetahui prestasi kerja karyawan Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

c. Untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

2. Manfaat Penelitian
Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

a. Bagi Penulis
Sebagai tambahan pengetahuan dalam menganalisis masalah dengan membandingkan teori dan praktek secara nyata Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

b. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan didalam menganalisa dan pengambilan keputusan terhadap masalah yang berkaitan dengan upaya-upaya dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

c. Bagi Lembaga (STMT Trisakti)
Merupakan bahan untuk menambah kepustakaan dan sebagai pembanding di bidang manajemen untuk para pembaca dalam bidang manajemen sumber daya manusia berdasarkan penerapan yang ada dalam kenyataan sesungguhnya.

D. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor, dalam bentuk jawaban angket. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang menggunakan kuisioner atau angket.
2. Populasi dan Sampel
Populasi merupakan jumlah objek secara keseluruhan dari objek atau subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh penelitian untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.
Sampel adalah bagian dari populasi. Sampel ini diambil karena adanya keterbatasan penulisan. Adapun sampel yang diambil sebanyak 30 orang dari 90 karyawan Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

3. Metode Pengumpulan Data

a. Riset Lapangan (Field Research)
Yaitu, penelitian langsung pada objek dilapangan untuk mendapatkan data yang objektif, yaitu dengan observasi, wawancara dan kuisioner menggunakan skala likert.

b. Riset Kepustakaan (Library Research)
Yaitu, penelitian dengan mempelajari buku literatur, text book, diktat, majalah dan lain-lain yang terkait dengan variabel penelitian.

4. Metode Analisis Data
Analisis dalam mencari jawaban tentang rumusan masalah dengan menggunakan rumus regresi dan korelasi sederhana yaitu suatu penganalisisan berdasarkan ilmiah, dimana fakta yang akan diperoleh akan disediakan sehingga data tersebut lebih terperinci.

Dalam melakukan analisis data yang diperoleh dari koesioner, setiap pertanyaan yang dilakukan akan diberi bobot nilai dengan menggunakan sklala 5 tingkat (skala likert). Respon terhadap pendidikan dan pelatihan terhadap produktifitas akan diberi bobot sebagai berikut :






Tabel 1.1
Penilaian Skala Likert

Penilaian Bobot
Sangat Setuju 5
Setuju 4
Ragu-ragu 3
Tidak Setuju 2
Sangat Tidak Setuju 1
Sumber: J. Supranto (2001)

Tabel 1.2
Indeks Penilaian
Penilaian Bobot
Sangat Baik 4,1-5
Baik 3,1-4
Cukup 2,1-3
Tidak Baik 1,1-2
Sangat Tidak Baik 0,1
Sumber: J. Supranto (2001)



a. Persamaan Garis Regresi
Untuk menganalisis data dari dua variabel berbeda fungsi, dimana data pertama sebagai variabel bebas Pendidikan dan Pelatihan (X) dan variabel kedua sebagai variabel terikat Prestasi Kerja (Y), maka digunakan analisis statistik dengan rumus (J. Supranto, 2001 : 207) sebagai berikut:
Y = a + bX


Untuk mencari nilai a dan b adalah :
b =
a =
Keterangan :
X = Variabel Bebas (pendidikan dan pelatihan)
Y = Variabel Tidak Bebas (prestasi kerja karyawan)
a = Bilangan Konstan
b = Koefisien Regresi
n = Jumlah Sampel
b. Koefisien Korelasi
Untuk menyatakan ada atau tidaknya hubungan antara variabel X terhadap variabel Y, dengan rumusan koefisien korelasi digunakan rumus (J. Supranto, 2001 ; 208) sebagai berikut :
r =
Keterangan :
r = Koefisien Korelasi
X = Nilai Variabel X
Y = Nilai Variabel Y
n = Jumlah Sampel


Artinya :
1) Jika r = +1, maka hubungan X dan Y sempurna dan positif (mendekati 1, hubungan sangat kuat dan positif)
2) Jika r = -1, maka hubungan X dan Y sempurna dan negative (mendekati 1, hubungan sangat kuat dan negatif)
3) Jika r = 0, maka hubungan X dan Y lemah sekali atau tidak ada hubungan
c. Koefisien Penentu
Untuk menghitung besarnya dampak variabel X terhadap variabel Y harus dihitung suatu koefisien korelasi yang disebut koefisien penentu (Kp) dengan rumus (J. Supranto, 2001 ; 212) sebagai berikut :
Kp = r2 x 100%
Keterangan :
Kp = Koefisien Penentu
r = Besarnya dampak variabel X terhadap variabel Y
d. Uji Hipotesis
1) Hipotesis Awal
Ho : α = 0
Hi : α > 0
2) Rumus Uji Hipotesis
thitung =

Dimana :
thit = Terhitung
n = Jumlah Sampel
r = Koefisien Korelasi
Untuk menghitung hipotesis ditolak atau tidak maka perlu dibandingkan antara thit dan ttab dengan ketentuan :
a) Jika thit > ttab maka Ho ditolak, Hi diterima
b) Jika thit < ttab maka Ho diterima, Hi ditolak

E. Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara suatu penelitian yang perlu dibuktikan kebenarannya, adapun Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara pendidikan dan pelatihan dengan prestasi kerja karyawan Bagian Paket dan Dikumen pada PT. Antareja Prima Antaran.

F. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Menjelaskan alasan penulis memilih judul dan latar belakang masalahnya, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dan sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang pengertian manajemen sumber daya manusia, pengertian pendidikan dan pelatihan, metode serta langkah-langkah penyusunan program pendidikan dan pelatihan serta tujuan pendidikan dan pelatihan dengan prestasi kerja.
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Menjelaskan secara singkat tentang sejarah PT. Antareja Prima Antaran Jakarta, stuktur dan organisasi manajemen, serta kegiatan perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Menganalisa permasalahan penelitian, yaitu analisis pendidikan dan pelatihan, analisis prestasi kerja dan analisis hubungan antara pendidikan dan pelatihan dengan prestasi kerja.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis akan mencoba membuat suatu kesimpulan dan saran dan semoga dapat bermanfaat bagi penulis, perusahaan maupun masyarakat.











DAFTAR PUSTAKA




Handoko, T. Hani; Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta, 2001

Hasibuan, H. Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan kesembilan, Gunung Agung, Jakarta, 2001

Manullang, M. Dasar-Dasar Manajemen, Gajah mada University Press, Yogyakarta, 2002

Martoyo, Susilo ; Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta, 2000


Panggabean, Mutiara S. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002

Sugiyono; Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kesembilan, Alfabeta, Bandung, 2006

Usman, Husaini; Metodologi Penelitian Sosial, Bumi Aksara, Jakarta, 1996

Dajan Anton 2001, Pengantar Metode Statistuk Jilid 1, Cetakan Kesebelas, Penerbit LP3ES, Jakarta.

J. Supranto; Statistik teori dan Aplikasi, Edisi Kelima, PT. Erlangga, Jakarta, 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar