Jumat, 30 Juli 2010

ANALISIS HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BANDARA SOEKARNO HATTA TAHUN 2010

ANALISIS HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP
PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BANDARA
SOEKARNO HATTA TAHUN 2010


Oleh :
ALINI YUDANTIA
NIM 2241 06 093



SKRIPSI
DISAMPAIKAN KEPADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI, PROGRAM STUDI MANAJEMEN TRANSPOR UDARA SEBAGAI BAGIAN DARI PERSYARATAN UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA EKONOMI (S1)



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
2010

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar BelakangMasalah
Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor utama dalam meningkatkan kemajuan suatu perusahaan. Tidak dapat dipungkiri untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang baik diperlukan adanya manajemen yang didasarkan pada fungsi-fungsi berikut yang meliputi : planning, organizing, actuating, dan controlling.
Perubahan yang terjadi pada lingkungan strategis menuntut sumber daya manusia ungtuk memainkan peranan yang lebih utama dalam organisasi. Trend ini mencakup keragaman angkatan kerja yang terus bertumbuh, perubahan teknologi yang cepat, globalisasi ,dan perubahan-perubahan dalam dunia kerja seperti pergeseran kearah masyarakat jasa dan tekanan yang terus berkembang. Oleh karena itu pimpinan perusahaan, manager, para ahli teknologi perlu meningkatkan kecerdasan emosional agar mampu mendayagunakan sumber daya manusianaya secara optimal dalam mencapai kinerja, sehingga mampu mendudukan perusahaan pada posisi persaingan pasar yang lebih kuat dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan pesaing.
Beberapa factor penting yang berpengaruh pada kinerja karyawan, diantaranya adalah motivasi kerja, kepuasan kerja, efektifitas gaya kepemimpinan organisasi, system imbalan, kondisi lingkungan kerja, kepribadian dan pekerja, hubungan atasan dengan bawahannya, tujuan organisasi, pengetahuan, keterampilan, hubungan antara karyawan, peralatan kerja, umpan balik, pimpinan terhadap bawahan, dan lain sebagainya. Cara-cara karyawan menjelaskan kinerjanya sendiri juga mempunyai implikasi penting dalam bagaimana dia bergaya dan berbuat ditempat kerja.
Efisiensi yang semacam itu, dapat saja dicapai melalui tingkat produktifitas yang tinggi, ditinjau dari segala macam aspek. Salah satu dari aspek yang dituntut adalah pemberian motivasi untuk menggerakkan karyawan bekerja pada tinggkat produktifitas yang tinggi.
Masih banyak perusahaan yang belum menyadari dalam rangka efisiensi dan produktifitas karyawan itu perlu diberi dorongan dan rangsangan (motivasi) agar mereka dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan produktivitas yang tinggi. Motivasi sebaiknya diberikan tidak hanya pada karyawan lama saja tetapi terhadap karyawan baru sama perlunya. Insentif yang diberikan itu terutama dalam bentuk kompensasi yang pada hakikatnya merupakan penghargaan atas tenaga dan pikiran yang telah diberikan pada perusahaan. Pemberian insentif merupakan proses jangka panjang bagi para karyawan secara sistematis yang merupakan salah satu pendorong/ memotivasi karyawan serta pengembangan sumber daya manusia pada setiap perusahaan.
Hal yang sama pada umumnya berlaku pada semua perusahaan demikian pula pada Bandara Soekarno Hatta agar dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawannya.
Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam sebuah bentuk skripsi atau karya tulis ilmiah dengan judul “ANALISIS HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BANDARA SOEKARNO HATTA 2010”

B. Perumusan Masalah
Dalam pembahasan rumusan masalah, penulis menggunakan 3 (tiga) kategotri pendekatan yaitu identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan pokok masalah.
1. Identifikasi Masalah
a. Produktifitas kerja karyawan cenderung menurun.
b. Motivasi yang diberikan kepada karyawan belum memadai.
c. Loyalitas karyawan belum optimal.
d. Tingkat kenyamanan di dalam lingkungan kerja menurun.
e. Kesenjangan social antar karyawan maasih tajam.
f. Tingkat kepuasan kerja karyawan dan motivasi kerja relative belum optimal.

2. Pembatasan Masalah
Agar pembahasan dalam penelitian ini lebih berfokus maka penulis membatasi pembahasan penelitian ini hanya pada masalah hubungan antara pemberian motivasi dengan produktifitas kerja karyawan.

3. Pokok Masalah
a. Bagaimana pelaksanaan pemberian motivasi kepada karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010 ?
b. Bagaimana produktivitas kerja karyawan Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010 ?
c. Bagaimana hubungan antara pemberian motivasi dengan produktivitas kerja karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010 ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemberian motivasi kepada karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010.
b. Untuk mengetahui produktivitas kerja karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010.
c. Untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pemberian motivasi dengan produktifitas kerja karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010.

2. Manfaat Penelitian
Sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan serta pengalaman membuat karya tulis tentang hubungan antara pemberian motivasi dengan produktivitas kerja. Di samping itu skripsi ini merupakan kewajiban akademik penulis untuk memenuhi persyaratan dalam rangka mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti (STMT).
3. Bagi Perusahaan
Merupakan masukan bagi perusahaan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan produktivitas kerja karyawan.
4. Bagi STMT Trisakti
Sebagai bahan bacaan tambahan bagi rekan-rekan mahasiswa STMT Trisakti Jakarta sekaligus menambah koleksi perpustakaan.


D. Metodologi Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu metode pengumpulan data dan teknis analisa data.
1. Metode Pengumpulan Data
a. Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk primer dimana penulis melakukan tinjauan langsung pada obyek penelitian melalui riset operasional.
b. Populasi dan Sampel
1. Populasi.
Merupakan jumlah keseluruhan atau generalisasi dari obyek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010.
2. Sampel.
Bagian dari populasi atau bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Penggunaan sampel dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efesiensi biaya dan efektifitas waktu penelitian.
c. Penelitian Lapangan (field research)
Melalui riset lapangan ini akan diperoleh data primer langsung dari responden, dengan cara sebagai berikut ;


1. Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data secara lengkap dan langsung dari pihak yang berwewang untuk member penjelasan.
2. Observasi Lapangan
Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat dan obyektif mengnai sejauh mana Bandara Soekarno Hatta menerapkan kebijakannya untuk memotivasi prestasi kerja karyawan.
3. Angket
Angket dilakukan untuk membuat daftar pertanyaan (kuesioner) sesuai dengan masalah yang diteliti dengan tujuan untuk memperoleh data primer.
d. Penelitian Kepustakaan (library research)
Melalui riset ini akan memperoleh data sekunder dengan cara membaca buku-buku yang relevan dan literature-literatur lain disamping dokumen-dokumen yang tersedia pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010.

2. Teknik Analia Data
Untuk menganalisa data akan digunakan teknik analisa statistic menurut Anto Dajan (1996:236) melalui langkah-langkah sebagai berikut :
a. Analisis Regresi Linier Sederhana
Analisis ini digunakan untuk mengetahui hubungan proporsional antara variaberl bebas X (motivasi) dengan variable Y (produktifitas), dengan rumus :
Y = a + bX

Dimana :
Y = Variabel Terikat (produktifitas Kerja)
X = Variabel Bebas (pemberian Motivasi)
a = Bilangan Tetap (konstanta)
b = Koefisien Regresi
n = Jumlah Sample
b. Analisis koefisien Korelasi
Analisis ini dipakai untuk mengukur kedekatan hubungan antara variable X (pemberian Motivasi) dengan variable Y (produktivitas kerja).

E. Hipotesis
Didalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis, “Diduga terdapat hubungan yang positif antara pemberian motivasi dengan produktivitas kerja karyawan pada Bandara Soekarno Hatta, tahun 2010”

F. Sistematika Penulisan
Skripsi ini disiapkan dalam lima bab masing-masing dengan sistematika sebagai berikut :
BAB 1 : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas latar belakang masalah, perumusan masalah, metodologi penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan skripsi.


BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dibahas tentang teori-teori mengenai manajemen sumber daya manusia, pengertian motivasi, pengertian produktifitas serta hubungan motivasi terhadap produktivitas kerja
BAB III : GAMBARAN UMUM BANDARA SOEKARNO HATTA JAKARTA
Dalam bab ini akan dibahas mengenai sejarah singkat perusahaan, visi dan misi perusahaan, manajemen dan organisasi perusahaan serta tugas pokok dan fungsi perusahaan.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
pada bab ini dilaporkan hasil analisis penelitian mengenai pemberian motivasi, hasil analisis mengenai produktivitas kerja dan hasil analisis mengenai hubungan pemberian motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada Bandara Soekarno Hatta tahun 2010 dengan menggunakan rumus-rumus statistik yang telah dikemukakan pada Bab 1.
BAB V : PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir. Dalam bab penutup ini akan dikemukakan kesimpulan yang diperoleh melalui pembahasan pada bab-bab sebelumnya dan saran-saran penulis sebagai masukan kepada Bandara Soekarno Hatta.



DAFTAR PUSTAKA

Dajan Anton 2001, Pengantar Metode Statistik Jilid 1, Cetakan Kesebelas, Penerbit LP3ES, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong; Dasar-dasar manajemen, PT. Indexs kelompok Gramedia, edisi Ke 9, Jakarta, 2003

Hasibuan, Malayu, Manajemen dasar, Pengertian dan Masalah , Bumi Aksara, Bandung, 2001

Manajemen Sumber Daya Manusia, penerbit PT. Bumi Akasara, 2005

Manulang, M, Dasar-Dasar manajemen, Cetakan Kedelapan Belas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta,2005

Dasar-dasar Manajemen, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2004

Rebecca, Morgan L; Calming Upset Costomer, Crips Publication, Inc, 1996

Richard F. Gerson, Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit PPM, 2002

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cet. 6, Alfabeta, Jakarta, 2009

T Hani, Handoko, Manajemen, Edisi 2, BPFE, Jakarta, 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar