Minggu, 01 Agustus 2010

PERANANAN STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

MAKALAH
PERANANAN STRATEGI MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK
MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

Oleh
NAMA : Yowandha Sari Intanty
NIM : 2241.08.274

MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala berkat dan rahmatNya, sehingga penulis mempunyai kesempatan belajar diperguruan tinggi dan dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “ Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Produktivitas karyawan”
Dalam penulisan makalah ini, banyak kesulitan dan hambatan yang ditemui penulis, namun berkat dukungan dan bantuan dari banyak pihak akhirnya semua kesulitan dapat teratasi dengan baik.
Dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan, baik secara langsung dan tidak langsung demi tersusunnya makalah ini, yaitu :
1. Bapak Dr(c). Edi Darmono, SP.,MP. Selaku Dosen Manajemen Sumber Daya Manusia dan pembimbing dalam penulisan makalah ini.
2. Istri dan anak-anak yang selalu memberikan semangat, bantuan dan dukungannya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
3. Kepala SMK Negeri 1 Mempawah Hilir sebagai penyandang Dana
4. Kepada teman-teman yang selalu memberikan semangat, bantuan
dan dukungan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Akhir kata penulis sangat mengharapkan kritik dan saran-saran yang membangun, mengingat makalah ini masih jauh dari sempurna, dan kiranya makalah ini dapat berguna bagi yang memerlukannya.







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………..……… ii
DAFTAR ISI.................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………. 1
B. Perumusan Masalah…………………………… 2
C. Tujuan Penulisan..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . 2
D. Metode Penulisan.... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . 2

BAB II LANDASAN TEORI
A.Pengertian Strategi..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . 3
B.Pengertian Sumber Daya Manusia.... ...... ... ... ... 3
1. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia.... 4
a. Sasaran Manajemen SDM……………..... 5
b. Aktivitas Manajemen SDM………………... 5
2. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia.... 6
a. Fungsi Manajerial ….………………………… 6
b. FungĂ­s Operacional……………………… 7
c. Pengertian Productivitas………………………….. 7
1. Factor yang mempengaruhi Productivitas …… .9

BAB III ANALISIS PEMBAHASAN
A. Analisis Strategi Sumber Daya Manusia …… 10
B.Analisis Produktivitas…….…………………….... 11
BAB IV PENUTUP
A.Kesimpulan……………………………………… 13
B.Saran……………………………...………………...13
C. DAFTAR KEPUSTAKAAN




BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam suatu organisasi Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang paling penting, maka dapat kita lihat kenyataannya, ada organisasi atau perusahaan yang memiliki Teknologi, Prosedur kerja dan Struktur organisasi yang sama, tetapi dinamika atau mobilitas organisasi atau perusahaan yang satu dengan yang lain berbeda- beda.
Adanya mobilitas atau dinamika yang rendah tersebut tentunya sangat tidak diharapkan oleh siapapun, apalagi diera globalisasi dimana terjadi persaingan yang sangat ketat, maka organisasi yang berkinerja rendah akan digilas oleh kompetitor atau pesaing. Bila organisasi yang tergilas oleh kompetitor tersebut, tetap juga tidak melakukan perubahan, maka tidak mustahil organisasi tersebut berada pada kondisi yang kritis, bahkan lebih mendekati kehancuran.
Secara makro bebrapa negara di dunia ini banyak yang berhasil menjadi negara industri dan negara maju, kemajuan yang luar biasa tersebut bukan karena mereka memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi mereka unggul dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).
Keberadaan sumber daya alam yang melimpah namun produktivitas manusianya rendah, maka ketersediaan sumber daya alam yang banyak tersebut tidak akan mampu memberikan kontribusinya yang maksimal untuk manusia. Sebaliknya jika produktivitas tinggi, walaupun sumber daya alam kurang mendukung, namun mampu membawa organisasi atau sebuah negara menjadi negara yang makmur.
Namun demikian perlu juga diperhatikan bahwa jumlah sumber daya manusia yang banyak juga belum dapat digunakan sebagai pegangan bahwa sebuah negara atau organisasi akan maju, jika


SDM yang ada tersebut kualitasnya rendah atau tidak produktif, bahkan disebuah negara yang jumlah manusia banyak namun tidak produktif justru dapat menjadi benalu untuk memberatkan negara.
Untuk itu yang diperlukan adalah manusia yang berkualitas, dan manusia yang berkualitas tersebut berhimpitan langsung dengan manusia yang produktif, menjadi manusia yang produktif.
B. Perumusan Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah pokok yang akan dibahan adalah mengenai Peran dan strategi Manajmen Sumber Daya manusia dalam meningkat produktivitas kerja karyawan tat usaha
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini dimaksud untuk lebih
mengetahui secara mendalam bahwa setiap organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam organisasi harus didukung oleh SDM yang handal dan mempunyia produktivitas kerja yang tinggi.
Melalui prduktivitas kerja yang tinggi organisasi akan dapat
bersaing dalam menghadapi kancah persaingan era bisnis global.

D. Metode Penulisan
Metode penelitian merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu suatu metode pengumpulan data yang diperoleh dari buku- buku, diktat-dikat dan literatur-literatur serta informasi-informasi lainya yang berhubungan dengan penulisan malakah ini.


BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Strategi
Chandler, seperti dikutip oleh Michael Armstrong, mengatakan :
Strategi adalah penetapan tujuan jangka panjang dan sasaran perusahaan, serta penerapan serangkaian tindakan dan alokasi daya yang penting untuk melaksanakan sasaran.
Kay, sebagaimana dikutip oleh Michael Armstrong, menyatakan : Strategi bisnis memperhatikan dengan sungguh-sungguh kesesuaian kapabilitas internal perusahaan dan lingkungan eksternal

B. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Manajemen sumber daya manusia dapat didefinisikan pula sebagai suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu (pegawai). Pengelolaan dan pendayagunaan tersebut dikembangkan secara maksimal di dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan organisasi dan pengembangan individu pegawai
Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, permasalahan yang hadapi manajemen bukan hanya terdapat pada bahan mentah, alat-alat kerja, mesin-mesin produksi, uang dan lingkungan kerja saja, tetapi juga menyangkut karyawan (SDM) yang mengelola faktor-faktor produksi lainnya tersebut. Namun , perlu diingat bahwa sumber daya manusia sendiri sebagai faktor produksi, seperti halnya faktor produksi lainnya, merupakan masukan (input) yang diolah oleh perusahaan dan menghasilkan keluaran (output). Karyawan baru yang belum mempunyai keterampilan dan keahlian dilatih, sehingga menjadi karyawan yang terampil dan ahli. Apabila di dilatih lebih




lanjut serta diberikan pengalaman dan motivasi, dia akan menjadi karyawan yang matang. Pengelolaan sumber daya manusia inilah yang disebut SDM.
Mengingat pentingnya peran SDM dalam perusahaan agar tetap ”survive” dalam iklim persaingan bebas tanpa batas, maka peran Manajemen SDM tidak lagi hanya menjadi tanggung jawab para pegawai dan karyawan, akan tetapi menjadi tanggung jawab pemimpin perusahaan. Pengelolaan manajemen SDM tentu saja harus dilaksanakan oleh pemimpin yang profesional. Seorang manajer SDM dalam kapasitasnya sebagai staf harus bekerja sama dengan line manager dalam menangani berbagai masalah SDM. Para line manager berfungsi sebagai pendorong, memotivasi karyawan untuk bekerja produktiv dan manajer SDM berfungsi menyediakan tenaga kerja bagi divisi atau dipartemen yang dipimpin oleh line manager itu dengan SDM yang sesuai dengan kebutuhan divisi/departemen tersebut.
Bila pengelolaan SDM dapat dilaksanakan secara professional, diharapkan SDM dapat bekerja secaraa produktif. Pengelolaan SDM secara professional ini harus dimulai sejak perekrutan , seleksi, pengklasifikasian, penempatan sesuai dengan kemampuan, penataran/pelatihan dan pengembangan kariernya.
1. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia
Dengan memahami fungsi manajemen. Maka akan memudahkan pula untuk memahami fungsi SDM yang selanjutnya akan memudahkan kita dalam mengindentifikasikan tujuan manajemen SDM. Tujuan yang hendak diklarifikasikan adalah manfaat apa yang akan kita peroleh dengan penerapan manajemen SDM dalan suatu perusahaan. Tujuan manajemen SDM ialah meningkatkan kontribusi produktif orang-orang yang ada dalam perusahaan melalui sejumlah cara-cara yang bertangung jawab secara strategi, etis dan sosial. Manajemen SDM mendorong para manager dan tiap karyawan untuk melaksanakan strategi-strategi yang telah ditetapkan oleh .

perusahaan. Untuk mendukung para pimpinan yang mengeoprasikan departemen-departemen atau unit-unit organisasi dalam perusahaan sehingga manajemen SDM harus memiliki sasaran.
a. Sasaran Manajemen SDM
Kalangan manajer dan departemen SDM berusaha untuk mencapi tujuan mereka dengan memenuhi sasaran-sasarannya. Sasaran merupakan titik puncak dan tindakan-tindakan apa yang dievaluasi. Terkdang sasaran dipikirkan secara seksama dan diekpresikan dalam bentuk tulisan. Sering sasaran tidak dinyatakan secara formal. Sasaran manajemen SDM, yaitu :
1)Sasaran Perusahaan
2)Sasaran Fungsional
3) Sasaran Sosial 4) Sasaaran Pribadi Karyawan
b. Aktivitas Manajemen SDM
Untuk mencapai tujuan dan sasarannya, departemen SDM membantu para pimpinan memperoleh, mengembangkan, memanfaatkan, mengevaluasi, dan mempertahankan, jumlah dan jenis hak karyawan

1) Kunci Aktivitas SDM
Aktivitas SDM merupakan tindakan-tindakan yang diambil untuk memberikan dan mempertahankan gugus kerja yang memadai bagi perusahaan .
2) Tanggung jawab atas aktivitas manajemen SDM berada di
pundak masing-masing manajer.
Berdasarkan uraian di atas maka tujuan akhir yang ingin
dicapai manajemen SDM pada dasarnya adalah :
•Peningkatan efisiensi
•Peningkatan efektifitas
• Peningkatan produktivitas
• Rendahnya tingkat perpindahan pegawai
• Rendahnya tingkat absensi
•Tinggingnya kepuasankerja pegawai
• Tingginya kualitas pelayanan
• Rendahnya komplain dari pelanggan
• Meningkatnya bisnis perusahaan

Untuk mencapai tujuan akhir tersebut secara bertahap perlu
dicapai tujuan-tujuan perantara yaitu diperolehnya :
a) SDM yang memenuhi syarat dan dapat menyesuaikan dengan
perusahaan melalui :
•PerencanaanSDM •Rekrutmen
•Seleksi
• Induksi
b) SDM yang memenuhi syarat dengan keterampilan, keahlian dan pengetauan yang sesuai dengan perkembangan melalui : • Pelatihan dan pengembangan
• Pengembangan karier
c) SDM yang memenuhi syarat bekerja sebaik mungkin melaui :
• Motivasi
• Penilaian karya
• Pemberian ”hadiah” dan ”hukuman”
d) SDM yang memenuhi syarat yang berdikasi terhadap
perusahaan yang luas terhadap pekerjaan melalui:
• Kesejahteraan(kompensasi )
• Lingkungan kerja yang sehat dan aman
• Hubungan insutrial yang baik.
2. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen SDM merupakan bagian dari manajemen umum yang memfokuskan diri pada SDM. Adapun fungsi-fungsi manajemen SDM seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu :
a. Fungsi Manjerial
• Perencanaan(pl anni ng)
• Pengorganisasian(organi zing)
• Pengarahan(directing)
• Pengendalian(control li ng)
b. Fungsi Operasional
• Pengadaan tenaga kerja (SDM)
•Pengembangan
•Kompensasi
•Pengintegrasian
• Pemeliharaan
• Pemutusan hubungan kerja
Fungsi-fungsi manajemen SDM mungkin akan dijumpai ada beberapa perbedaan dalam berbagai literatur, hal ini sebagai akibat sudut pandang, akan tetapi dasar pemikirannya relatif sama. Aspek lain dari Manajemen SDM adalah peranannya dalam pencapain tujuan perusahaan secara terpadu. Manajemen SDM tidak hanya memperhatikan kebutuhan karyawan dan pemilik tuntutan masyarakat luas. Peranan SDM adalah mempertemukan atau memadukan ketiga kepentingan tersebut yaitu perusahan, karyawan dan masyarakat luas, menuju tercapainya efektivitas, efesiensi,produktivitas dan kinerja perusahaan.
Pelaksanaan berbagai fungsi Manajemen SDM sebenarnya bukan hanya dapat menciptakan SDM yang produktif mendukung tujuan perusahaan, akan tetapi menciptakan suatu kondisi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan potensi dan motivasi SDM dalam berkarya.
C Pengertian Produktivitas
Secara sederhana produktivitas dapat diartikan sebagai
perbandingan antar output (keluaran) dengan input (masukan). Menurut J. Raviyanto, dkk (1988) yang mengutip Lembaga Produktivitas Norwegia bahwa produktivitas adalah hubungan di antara jumlah produk yang diproduksi dan jumlah sumber daya yang diperlukan untuk memperoduksi produk tersebut. Atau dengan rumusan yang lebih umum yaitu rasio antara kepuasan kebutuhan
dengan pengorbanan yang diberikan.Sedangkan menurut Rome Conference ProductivityAgency Tahun 1958 menyebutkan bahwa : a.Produktivtas adalah derajat efesiensi dan efektivitas dari penggunaan elemen produksi

b.Diatas semua, produktivitas merupakan sikap mental, sikap
mental yang selalu mencari perbaikan terhadap apa yang telah ada. Suatu keyakinan bahwa seseorang dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari hari ini dari pada hari kemarin dan hari esok lebih baik dari pada hari ini. Selanjutnya produktivitas adalah sikap mementingkan usaha yang terus menerus untuk menyesuaiakan efektivitas ekonomi terhadap kondisi yang berubah. Sikap mental untuk menerapkan teori-teori serta metode-metode baru dan kepercayaan yang teguh akan kemajuan manusia.
Disamping adanya pengertian produktivitas di atas, dari dalam negeri juga telah merumuskan pengertian produktivitas tersebut, seperti yang dirumuskan oleh Dewan Produktivitas republik Indonesian Tahun 1983 yaitu :
a. Produktivitasmengandung pengertian sikap yang selalu
mempunyai
pandangan bahwa kehidupan hari ini harus lebih
baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
b. Secara umum produktivitas mengandung pengertian perbadingan antara hasil yang dapat dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan.
c. Peningkatan produktivitas dapat dilihat dalam tiga bentuk :
•Jumlah produksi meningkat dengan menggunakan sumber daya yang sama.
• Jumlah produksi yang sama atau meningkat dicapai dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit.
• Jumlah produksi yang jauh lebih besar diperoleh dengan
pertambahan sumber daya yang relatif lebih kecil


d. Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan utama dalam proses peningkatakan produktivitas, karena alat produksi dan teknologi pada hakekatnya merupakan hasil karya manusia.
e. Produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang berhubungan dengan tenaga kerja itu sendiri maupun faktor-faktor lainnya seperti :
•Pendidikan
•Keterampilan
• Disiplin
• Sikap dan etika kerja
• Motivasi
• Teknologi
• Gizi dan kesehatan
• Tingkat penghasilan
• Jaminan sosial
• Lingkungan dan iklim kerja
• Hubungan Industrial Pancasila
• Sarana produksi
f. Peningkatan produktivitas tenaga kerja merupakan pembaharuan pandangan hidup dan kultural dengan sikap mental memuliakan kerja serta perluasan upaya meningkatkan mutu kehidupan masyarakat
1. Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas
Menurut J. Raviyanto Putra dan kawan-kawan (1988),bahwa faktor –faktor yang mempengaruhi produktivitas dapat dikelompokan ke dalam 3 kelompok yaitu :
a.Faktor yang mempengaruhi produktivitas dari perekonomian atau
industri-industri secara keseluruhan.
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas organisasi, unit-
unit usaha atau pabrik secara individual.
c. Faktor yang mempengaruhi produktivitas perseorangan



BAB III
ANALISIS PEMBAHASAN
A. Analisi Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia
Dalam pembuatan strategi dibutuhkan pedoman untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Dalam hal ini ada dua panduan utama, yaitu mengetahui jenis karakter orang yang akan dipekerjakan, memikirkan jenis program dan inisiatif SDM yang harus dibuat.
Panduan pertama mengetahui jenis karakter orang yang perlu dikelola dan yang akan menjalankan bisnis, supaya sesuai dengan tujuan bisnis stratejik.
Hal yang penting kedua dalam merumuskan strategi SDM adalah memikirkan jenis program dan inisiatif tentang SDM yang harus didesian dan diterapkan untuk memikat, mengembangkan dan mempertahankan staf agar berkompetisi secara efektif.
Sumber Daya Manusia merupakan salah satu dimensi utama dalam manajemen SDM. Dalam hal SDM yang harus diperhatikan adalah tingkat keterampilan serta kemampuan staf, dan kapabilitas manajemen, Ketiga hal tersebut terkait langsung dalam pembuatan strategi SDM
Dengan mengetahui tingkat keterampilan dan kemampuan staf, maka perusahaan dapat menentukan arah startegi SDM- apakah akan memperbanyak pendidikan dan pelatihan, akan menaikan gaji atau imbalan , akan meningkatkan teknologi atau strategi-strategi lain. Dengan mengetahu tingkat kapabilitas manajemen, maka strategi SDM yang ditetapkan pun bisa menjadi efektif – apa jadinya bila para menejer tidak menguasai suatu praktik MSDM yang menjadi salah satu startegi SDM.
Manajemen SDM melakukan pengelolaan manusia (karyawan) dalam hal perencanaan tenaga kerja, perekrutan dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, kompensasi, hingga administrasi tentang tenaga kerja.

Dengan mengelola SDM diharapkan akan mendapatkan karyawan yang mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi. Pengelolaan SDM harus dilaksanakan secara profesional, dimulai sejak perekrutan, seleksi, pengkelasifikaisan, penempatan sesuai dengan kemampuan, penataran/pelatihan dan pengembangan karirnya. Sehingga akan didapat SDM yang dapat bekerja secara produktif, yang akhirnya tujuan dari suatu perusahaan akan tercapai.
Dalam mengelola SDM untuk mendapatkan karyawan yang baik dan produktif, maka harus ada suatu sitem perencanaan SDM. Sitem perencanaan SDM pada dasarnya meliputi prakiraan (estimasi) permintaan/kebutuhan dan penawaran/penyedian SDM.
B. Analisis Produktivitas
Untuk mengetahui apakan seorang karyawan itu produktif atau tidak, dapat dilakukan dengan pengukuran produktivitas. Tanpa pengukuran, maka kita tidak akan mungkin dapat mengatakan bahwa orang itu produktif sementara kita tidak mengukurnya, maka kesimpulannya diambil dengan spekulasi, sehingga tidak ilmiah atau kesimpulan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Pengukuran menjadi standar dalam pengambilan keputusan , jika hasil pengukuran ternyata produktivitas kerja rendah, maka dalam pengambilan keputusan seorang pemimpin tentunya akan menelurkan berbagai faktor yang dapat meningkatkan produktivitas kerja tersebut.
Menurut J. Raviyanto Putra dan kawan-kawan (1988), ukuran produktivitas tenaga kerja menunjukan efesiensi proses produksi yang ditinjau dari sudut pandang salah satu produk saja, yaitu unsur manusianya.
Selanjutnya J. Raviyanto Putra dan kawan-kawan mengatakan
banyak cara untuk meningkatkan produktivitas di antaranya :
a.Dengan meningkatkan keluaran dan mempertahankan masukan.
b. Meningkatkan keluaran dengan proposi yang lebih besar dari pada pertambahan masukan.
c. Meningkatkan keluaran dan menurunkan masukan
d. Mempertahankan keluaran dan menurukan masukan
e. Menurunkan keluaran dan menurunkan masukan dengan
proporsionalitas yang lebih besar.
Dengan memperbaiki produktivitas berarti menata kembali dan mengkobinasikan faktor-faktor produktif sedemikian rupa sehingga menghasilkan performan yang lebih tinggi.
Selain hal-hal tersebut di atas, dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas karyawan suatu perusahaan akan mengadakan pelatihan. Pelatihan-pelatihan tersebut dapat dilakukan dengan menyesuaikan dimana karyawan tersebut ditempatkan. Pelatihan dapat dilakukan secara berkala baik pelatihan yang diadakan secara internal maupun yang diadakan oleh pihak eksternal.
Jika seorang karyawan mempunyai produktivitas yang tinggi, dan memberikan keuntungan terhadap lajunya pertumbuhan suatu perusahaan maka dapat diberikan penghargaan sebagai motivasi. Penghargaan tersebut dapat
berupa pemberian bonus atau
kompensasi.



BAB IV
PENUTUP
Sebagai penutup dari makalah ini, penulis memberikan beberapa kesimpulan dan saran.
A Kesimpulan
1. SDM merupakan sumber daya yang benar-benar dapat dijadikan sebagai strategi yang handal dalam mencari strategi yang tepat, yaitu strategi yang unik untuk memenangkan persaingan. Untuk itu pengelola SDM dalam sebuah perusahaan menjadi sangat penting sehingga harus mendapatkan prioritas utama, jika perusahaan itu ingin maju dan menjadi pemenang dalam pentas bisnis.
2. Pesatnya pertumbuhan suatu perusahaan dapat dilihat dari tingkat produktivitas karyawan. Jika suatu perusahaan mempunyai karyawan yang produktivitasnya tinggi, maka akan berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan tersebut.
B. Saran
1. Mengingat perusahaan merupakan organisasi bisnis yang terdiri dari orang-orang, hendanya seorang manejer dalam meningkatkan SDM tidak membedakan , semua karyawan harus di berikan pelatihan .
2. Seorang Manajer melakukan riset lanjutan terhadap faktor sosial dan ditindak lanjuti agar mereka merasa senang bekerja, puas dan produktif.




DAFTAR PUSTAKA

Cahyani, Ati . 2005. Startegi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya
Manusia. Jakarta : PT. Indeks.
Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar. 2004. Manajemen Sumber Daya
Manusia Perusahaan, cetakan kelima, Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
P. Siagian, Prof. Dr. Sondang . 2007. MPA : Manajemen Sumber Daya
Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Rivai, Veithzal, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk
Prusahaan, Yakarta : PT Raja grafindo Persada.
Raviyanto Putra ,1988,Manajemen SDM. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Teguh, Ambar. Dkk. 2003. Manajemen SDM, Konsep dan
Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik. Yogjakarta :
Graha Ilmu Yogjakarta.
Wahyudi, Drs. Bambang. 1991. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Bandung : Suta www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar