Rabu, 11 Agustus 2010

DISUSUN OLEH : N A M A : Yuswaldi NIM : 224304068 KELAS : S1 MTL

TUGAS MANDIRI

Manajemen Sumber Daya Manusia

ANALISIS HUBUNGAN PENGENDALIAN ITERN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENANGANAN BONGKAR MUAT PADA PT. (PERSERO) DJAKARTA LLOYD CABANG TANJUNG PRIOK 2008



DISUSUN OLEH :
N A M A : Yuswaldi
NIM : 224304068
KELAS : S1 MTL




















SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI

JAKARTA 2010

BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Pelabuhan adalah sebuah terminal dan wilayah tempat kapak-kapal berlabuh dan menunggu giliran merapat ke dermaga dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Selain itu juga pelabuhan juga sebagai tempat kapal-kapal melakukan kegiatan bongkar muat.

Pelabuhan sangat penting perannya di dunia pelayaran, peranan utama dari pelabuhan antara lain :

1. Proses bongkar muat barang serta naik turunnya penumpang

2. Memdukung pelayanan kebutuhan kapal.

3. Membangun sector pertumbuhan industry.

4. Penghubung intermoda transportasi (mata rantai transportasi)

Proses kegiatan penyandaran kapal sangat dipengaruhi oleh kelangsungan operasional kapal selama di pelabuhan. Seperti diketahui banyak dermaga yang terdapat pada sebuah pelabuhan tidak selalu dapat memenuhi semua kebutuhan penyandaran kapal. Maka dari itu demi terciptanya efisiensi waktu maka kapal tidak perlu menunggu lama untuk penyandaran kapal dan melakukan kegiatan di perairan pelabuhan (kolam pelabuhan) dan dari sana barang-barang yang telah di bongkar ke atas tongkang akan diantar ke gudang. Begitu juga sebaliknya untuk barang yang akan dimuat keatas kapal, diantarkan ke kapal dengan menggunakan tongkang untuk dimuat ke kolam pelabuhan selain itu faktor dari sumber daya manusia memiliki peran penting dalam melakukan kegiatan bongkar muat kapal karena pada saat melakukan kegiatan bongkar muat jika para pekerjanya tidak professional maka jika kapal yang datang dan juga bongkar akan mengalami keterlambatan yang mengakibatkan kedatangan maupun keberangkatan tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk menjadikan objek penelitian dan pembahasan dalam penyusunan skripsi ini yang didasarkan pada pentingnya kegiatan bongkar muat barang dalam upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk menkaji lebuh dalam dan mengemukakan dalam sebuah bentuk skripsi dengan judul “ANALISIS HUBUNGAN PENGENDALIAN ITERN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENANGANAN BONGKAR MUAT PADA PT. (PERSERO) DJAKARTA LLOYD CABANG TANJUNG PRIOK 2008”.


A. Perumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah yang akan dirumuskan peneliti dalam penyusunan skripsi ini adalah :

a. masalah kurang efektifnya sumber daya manusia pada penanganan bongkar muat.

b. Masalah kurangnya pengendalian intern sumber daya manusia pada penanganan bongkar muat.

c. Adanya masalah keterlambatan dalam penanganan bongkar muat.

d. Adanya masalah keterlambatan dalam panduan kapal.

e. Terjadinya persaingan yang ketat antara perusahaan pelayaran.

f. Terjadinya keterlambatan kapal mempengaruhi ketepatan pengiriman barang kepada consignee.

2. Batasan Masalah

Mengacu pada identifikasi masalah, maka penulis membatasi permasalahan dalam penelitian ini hanya pada masalah tentang pengendalian intern sumber daya manusia terhadap penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta lloyd cabang tanjung priok tahun 2008.

3. Pokok Masalah

Berdasarkan batasan masalah, maka pokok permasalahan skripsi ini adalah :

a. Bagaimana pengendalian intern sumber daya manusia pada penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod?

b. Bagaimana penanganan bongkar muar pada PT. (persero) Djakarta llyod?

c. Bagaimana pengendalian intern sumber daya manusia terhadap penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod?

4. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan penelian dalam penyusunan skripsi ini adalah untuk:

a. Untuk mengetahui pengendalian intern sumber daya manusia pada penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod?

b. Untuk menhetahui penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod.

c. Untuk mempengaruhi pengendalian intern sumberdaya manusia pada penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod.

2. Manfaat penelitian ini di harapkan berguna bagi :

a. Bagi Peneliti

Manfaat penelitian bagi penulis adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai pengendalian intern sumber daya manusia pada penanganan bongkar muat pada PT. (persero) Djakarta llyod dan sebagai salah satu syarat Akademik Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Trisakti (STMT) Jurusan Manajemen Transportasi Laut untuk mendapat Gelar S1 (Sarjana).

b. Bagi Perusahaan

Manfaat penelitian bagi perusahaan adalah penilitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan di dalam menganalisa dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terhadap masalah intern sumber daya manusia pada PT. (persero) Djakarta llyod.

a. Bagi Lembaga ( STMT Trisakti)

Dapat dijadikan referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang manajemen dan sumbangan umum untuk dijadikan tambahan perbendaharaan kepustakaan bagi STMT Trisakti.


B. Metodelogi Penelitian



1. Metode Pengumpulan Data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder maupun data primer, yaitu data yang telah diolah lebih lanjut oleh pihak lain. Dalam hal ini data dalam bentuk angka-angka yang berhubungan dengan obyek penelitian, penulis menggunakan dua macam metode penelitian adalah sebagai berikut :

a. Riset Lapangan (Field Research)

Merupakan pengambilan data sekunder yang langsung di olah oleh penulis dari PT. (persero) Djakarta lloyd. Dalam hal ini penulis melakukan penelitan langsung sehingga dapat diperoleh data ini secara langsung melalui :

a) Wawancara dengan pihak terkait di perusahaan. Menurut Sugiyono tahun (2000:59) “wawancara personal adalah komunikasi langsung dimana pewawancara ada dalam situasi bertatap muka dan melakukan proses tanya jawab secara langsung dengan responden.”dalam hal ini penulis mengadakan tanya jawab kepada pihak operasional mengenai masalah (objek) yang diteliti.

b) Kuesioner (angket) yang dibagikan kepada beberapa karyawan.

c) Observasi berdasarkan dokumenyang ada pada perusahaan yang berhubungan dengan pencatatan biaya..

b. Riset Kepustakaan (library Research)

Data sekunder adalah data yang deperoleh dari riset kepustakaan merupakan pengambilan literarur, buku-buku yang terkait dengan variabel penelitian.

2. Metode Pengumpulan Data

Dalam mengukur data yang diperoleh dari responden, penulis melakukan cara berikut :

1. Data melalui wawancara dan kuesioner diolah sesuai dengan hasil wawancara yang didapat.

2. Data dokumentasi di dapat berdasarkan dokumen-dokumen yang diberikan oleh perusahaan.

Data Primer









Data diolah dengan menggunakan Skala Likert

Alternatif Penelitian


Nilai

Sangat setuju


5

Setuju


4

Ragu-ragu


3

Tidak setuju


2

Sangat tidak setuju


1

Sumber : Sugiyono (2005:87)

Adapun metode analisis data yang digunakan oleh penulis untuk memecahkan masalah adalah sebagai berikut :

a. Analisis regresi Linier Sederhana :

Y= a + bX

Keterangan :

a = bilangan tetap (konstanta)

b = koofisien regresi

X = variabel bebas (independent variable)

Y = variabel terkait (dependent variable)

b. Analisis koefisien korelasi

Untuk mengetahui hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Apakah kedua variabel tersebut mempunyai hubungan dan seberapa besar hubungan tersebut

dirumuskan :

t =

c. Analisis koefisien penentu

Merupakan besarnya kontribusi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y

KP = r² x 100%

d. Uji Hipotesis

Diduga adanya hubungan X dan Y. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji satu arah, dengan RH>0, seperti dibawah ini :

1. H0 : p = 0, artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara X dan Y

H1 : P = 0, artinya adanya hubungan yang signifikan antara X dan Y

2. Tentukan nilai kritis ∞ = 5%



E. Sitematika penulisan
Untuk memudahkan penulisan karya ilmiah/skripsi, maka kerangka penelitian ini disajikan dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini peneliti menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, yang terdiri atas: latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, pokok masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan teori-teori yang berkaitan dengan objek penelitian, pengertian organisasi, dan mengenai pengendalian itern menajemen sumberdaya manusia terhadap bongkar muat.

BAB III GAMBARAN UMUM PT. DJAKARTA LLYOD

Pada bab ini diuraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha PT. DJAKARTA LLYOD.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini peneliti menganalisis dan membahas pokok-pokok permasalahan penelitian yang diungkapkan dalam perumusan masalah.

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran-saran peneliti untuk bahan masukan dalam pengoperasian kapal yang lebih baik di masa yang akan datang.











DAFTAR PUSTAKA

Keptusan Mentri Perhubungan No 25 Tahun 2002, tentang pedoman dasar tentang perhitungan tarif pelayanan bongkar muat dari dan ke kapal di pelabuhan.

Keputusan Menteri Perhubungan No 33 Tahun 2001, tentang penyelenggaraan dan pengusahaan angkutan laut.

Krismiaji, (2002), Sistem Informasi Akuntansi, edisi ke delapan, cetakan pertama, Blingga Jaya, Bandung.

Mulyadi (2001), Sistem Akuntansi Edisi Ketiga, Slaemba Empat, Jakarta.

Marshall Ronney (2004), Accounting Information System, Pearson, New Jersey.

R.P Suyono (2001), Shipping : Pengangkutan Intern Ekspor Impor melalui Angkutan laut, Salemba, Jakarta.

Amir M.S, Ekspor Impor Teori dan Penerapannya, (1993), Jakarta.

F.D.C Sudjatmiko (1995), Pokok-pokok Pelayaran Niaga, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar