Sabtu, 07 Agustus 2010

HUBUNGAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR TUGAS MANDIRI MSDM OLEH : DENNY YUDHA H. NIM : 224105

HUBUNGAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN
KEPUASAN KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR





TUGAS MANDIRI MSDM




OLEH :

DENNY YUDHA H.
NIM : 224105314










SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
2010

Industri jasa pengiriman barang dan dokumen adalah merupakan salah satu industri jasa yang memiliki peluang pasar yang cukup menjanjikan. Sejalan dengan itu,berkembang pula perusahaan-perusahaan yang bergerak bibidang pelayanan jasa pengiriman , baik City Courier,Domestic maupun Internasional.
Dalam perkembangannya, perusahaan tersebut saling bersaing dalam melakukan pelayanan guna mencapai penjualan jasa yang maksimal. Untuk dapat mengimbangi persaingan yang ketat antar perusahaan pengiriman yang ada, maka manajemen perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan guna menarik hati para pengguna jasa pengiriman serta dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Pelanggan / customer mempunyai peranan yang amat penting dalam perkembangan industri jasa pengiriman,yaitu sebagai alat propaganda perusahaan untuk menarik customer yang baru.
Bila mereka merasa terpuaskan dan terlayani dengan baik serta segala informasi yang mereka butuhkan terpenuhi maka customer tersebut bukan hanya menjadi pelangan tetap tapi juga dapat menjadi alat promosi untuk menarik pelanggan baru. Salah satu ujung tombak pada perusahaan jasa pengiriman adlah divisi customer service. Baik buruknya informasi jasa pengiriman yang diberikan akan mempengaruhi citra perusahaan dimata para pengguna jasa pengiriman tersebut.Jadi pelayanan baik yang diberikan sangat penting adanya dan dapat dikatakan sebagai tolak ukur dari keberhasilan perusahaan tersebut dalam melayani pelanggan, yang akan berpengaruh pada peningkatan perolehan pendapatan dari suatu perusahaan jasa pengiriman.
Divisi customer service dari suatu perusahaan mempunyai peranan penting karena merekalah yang berhadapan langsung dengan para pelanggan dalam memberikan pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan. Customer service dalam hal ini merupakan sarana pelayanan sebagai penunjang kegiatan oprasional perusahaan yang diberikan kepada para pemakai jasa yang ingin mengetahui segala informasi yang dibutuhkan tentang suatu produk atau jasa yang kita jual.
Semakin baik pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, maka semakin baik pula citra perusahaan diminta para pengguna jasa pengiriman tersebut. Hal ini akan membuat para pengguna jasa merasa terpuaskan dan merasa aman untuk menitipkan barang / dokumen yang akan dikirim keberbagai daerah. Sehingga akan tercipta kepercayaan para pelanggan sekaligus dapat berpengaruh terhadap penjualan atas suatu produk / jasa yang kita jual sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.
Inilah syarat penting dalam mendapatkan kepercayaan diri dari pelanggan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman. Perusahaan harus membuat suatu system dalam melakukan pendekatan dengan para pelanggan agar kebutuhannya terpenuhi artinya jaa yang doberikan baik, pelayanannya menyenangkan, dan kebutuhannya terpenuhi.
Pelayanan yang baik sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pelangan yang tergantung dari peran customer service dalam peningkatan jumlah pelanggan yang akan dan telah menggunakan jasa yang dihasilkan. Semakin banyak perusahaan sejenis yang menawarkan produknya, maka pihak customer sevice juga harus lebih tanggap akan reaksi yang ditimbulkan pesaing dengan melakukan strategi pelayanan terhadap kebutuhan pelanggan.
Berkaitan dengan tujuan custermer service ¬diatas, maka kita dapat mengkesampingkan peranannya sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan, keamanan, ketepatan, dan kecepatan pelayanan sebagai tujuan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin.
Berdasarkan uraian tersebut diatas maka dalam hal ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pelayanan pelanggan pada PT. UNEX INTI INDONESIA sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada perusahaan tersebut dalam skripsi yang berjudul “ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT.UNEX INTI INDONESIA TAHUN 2009 ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar